Join The Community

Blog Competition

Search

Sabtu, 22 Desember 2012

Cara Cepat Ahli Membuat Paragraf Deskriptif/ Deskripsi


Sebelum Anda siap menjadi seorang penulis yang ahli membuat paragraf deskriptif. Silakan simak teori-teorinya untuk memudahkan pemahaman. Paragraf Deskripsi adalah sbeuah karangan paragraf yang isinya sangat menonjolkan sesuatu secara detail, jelas, dan terperinci. Hal ini ditujukan agar sang pembaca dapat mengimajinasikan melalui indra mereka baik melihat, mendengar, merasakan, dan dapat mendekripsikannya. 

Ciri-ciri paragraf deskripsi/ deskriptif sebagai berikut:

1. Isinya merupakan gambaran dari suatu obyek
2. Menggambarkan secara menyeluruh, jelas, terperinci, dan mendetail
3. Melibatkan seluruh panca indera
4. Lebih mengutamakan perasaan daripada pikiran

Untuk memudahkan pemahaman, langsung saja perhatikan contoh dibawah ini:
         Suasana di MAN Sidoarjo sangat menyenangkan. Setiap hari dikelilingi oleh murid perempuan sholihah yang memakai jilbab. Suasana agamis sangat terasa. Terutama ketika seorang siswa mengumandangkan adzan penanda masuknya waktu shalat. Ditambah lagi rasa hormat siswa-siswi kepada guru di MAN Sidoarjo dengan perbuatan senyum, santun, salam, dan salaman.

Nah, dari contoh diatas, sangat ditonjolkan keadaan sekolah MAN Sidoarjo. Sehingga menyebabkan seseorang yang hanya membaca dapat mengimajinasikan keadaan sesungguhnya. Supaya lebih mudah memahami, silakan buat sebuah paragraf deskripsi yang baik dan benar.

Sekian pembahasan  tentang paragraf deskripsi kali ini, selamat ilmu Anda bertambah. Jangan bosan menggunakan internet sebagai media pembelajaran.
^_^

0 komentar:

Posting Komentar