Join The Community

Blog Competition

Search

Selasa, 23 September 2014

Laporan Praktikum DesainBasis Data "Pengenalan dan Instalasi"




A. Teori
1.      Database
Database atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut (http://id.wikipedia.org/wiki/Database). Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer. Untuk mengelola database diperlukan suatu perangkat lunak yang disebut DBMS (Database Management System). DBMS merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada.
Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis DBMS lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dsb.
Beberapa istilah dalam database atau basis data:
a.         Table
Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.
b.        Field
Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.
c.         Record
Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.
d.        Key
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.
e.         SQL
SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebut juga sebagai query.
2.      Postgre
PostgreSQL merupakan Sebuah Obyek-Relasional Data Base Management System (ORDBMS) yang dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Department. System yang ditawarkan PostgreSQL diharapkan sanggup dan dapat mencukupi untuk kebutuhan proses aplikasi data masa depan. PostgreSQL juga menawarkan tambahan-tambahan yang cukup signifikan yaitu class, inheritance, type, dan function. Tambahan keistimewaan lain yang tidak dimiliki database management system yang lain berupa constraint, triggers, rule, dan transaction integrity, dengan adanya feature (keistimewaan) tersebut maka para pemakai dapat dengan mudah mengimplementasikan dan menyampaikan sistem ini. Sejak tahun 1996 PostgreSQL mengalami kemajuan yang sangat berarti, berbagai keistimewaan dari PostgreSQL sanggup membuat database ini melebihi database lain dari berbagai sudut pandang.
Kelebihan PostgreSQL Berbeda dengan database lain, PostgreSQL menyediakan begitu banyak dokumentasi yang disertakan pada berbagai distribusi Linux, sehingga para pembaca bisa dengan mudah mempelajari bahkan mengimplementasikannya. Tidak hanya itu berbagai dokumentasi yang bertebaran di Internet maupun mailing list yang semuanya dapat kita ambil dan pelajari. PostgreSQL memiliki keluwesan dan kinerja yang tinggi, artinya sesuai dengan niatan awal para pembuat PostgreSQL bahwa database yang mereka buat harus melebihi database lain dan ini terbukti pada arsitekturnya. Dengan arsitektur yang luwes maka sebuah user PostgreSQL mampu mendefenisikan sendiri SQL-nya, inilah yang membuat database PostgreSQL berbeda dengan sistem relasional standar. Di samping mendefenisikan sendiri SQL-nya, PostgreSQL juga memungkinkan setiap user untuk membuat sendiri object file yang dapat diterapkan untuk mendefenisikan tipe data, fungsi dan bahasa pemrograman yang baru sehingga PostgreSQL sangat mudah dikembangkan maupun di implementasikan pada tingkat user. PostgreSQL versi 7.0.x dan versi di atasnya menyertakan dokumentasi maupun berbagai macam contoh pembuatan fungsi maupun sebuah prosedur. Dengan keluwesan dan fitur yang dimilikinya, PostgreSQL patut bahkan melebihi jika disandingkan dengan database yang berskala besar lainnya. Jika kita menggunkan sebuah database , tentunya tak lepas dari tujuan dan maksud apa yang ingin dicapai serta kelebihan yang bagaimana yang kita inginkan.
PostgreSQL juga mendukung beberapa fitur database modern, antar lain;
•complex queries
•foreign keys triggers
•views
•transactional integrity
•multiversion concurrency control
Selain itu PostgreSQL juga dapat di extend sesuai kebutuhan pengguna melalui beberapa metode dengan menambangkan obyek baru, seperti :
•Penambahan Tipe Data
•Penambahan Fungsi
•Penambahan Operator
•Penambahan Fungsi Aggregate
•Metode Index
•Bahasa prosedural
3.      MySQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. Tidak seperti PHP atau Apache yang merupakan software yang dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius. MySQL dapat didownload di situs resminya, http://www.mysql.com.
Fitur-fitur MySQL antara lain :
·  Relational Database System. Seperti halnya software database lain yang ada di pasaran, MySQL termasuk RDBMS.
·   Arsitektur Client-Server. MySQL memiliki arsitektur client-server dimana server database MySQL terinstal di server. Client MySQL dapat berada di komputer yang sama dengan server, dan dapat juga di komputer lain yang berkomunikasi dengan server melalui jaringan bahkan internet.
·   Mengenal perintah SQL standar. SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa standar yang berlaku di hampir semua software database. MySQL mendukung SQL versi SQL:2003.
                         
·    Mendukung Sub Select. Mulai versi 4.1 MySQL telah mendukung select dalam select (sub select).
·         Mendukung Views. MySQL mendukung views sejak versi 5.0
·         Mendukung Stored Prosedured (SP). MySQL mendukung SP sejak versi 5.0
·    Mendukung Triggers. MySQL mendukung trigger pada versi 5.0 namun masih terbatas. Pengembang MySQL berjanji akan meningkatkan kemampuan trigger pada versi 5.1.
·         Mendukung replication.
·         Mendukung transaksi.
·         Mendukung foreign key.
·         Tersedia fungsi GIS.
·         Free (bebas didownload).
·         Stabil dan tangguh.
·         Fleksibel dengan berbagai pemrograman.
·         Security yang baik.
·         Dukungan dari banyak komunitas.
·         Perkembangan software yang cukup cepat.

B.   Hasil Praktikum dan Tugas Rumah
1.      Instalasi Postgre
a.       Tampilan awal SetupPostgreSQL seperti di bawah ini, klik Next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

b.      Kemudian muncul InstallationDirectory, silakan pilih lokasi file installan yang akan dibuat, jika sudah klik Next.

c.       Pada tampilan DataDirectory, klik Next jika sudah menentukan lokasi file/ data.

d.      Tahap berikutnya, diminta untuk memasukkan Password yang akan digunakan untuk mengoneksikan saat pengoperasian nanti, Next.
e.       Pilih Locale, jika sudah klik Next.
f.       Lalu muncul WizardReadyToInstall, klik Next untuk memulai instalasi.
g.      Tampilan instalasi seperti di bawah ini.
h.      Jika sudah selesai, muncul seperti di bawah ini. Hilangkan tanda ceklis, klik Finish.
2.      Hasil Praktikum Postgre
a.       Jalankan program Postgre yang ada di StartMenuProgram, pilih pgAdmin dan SQL Shell(psql).
b.      Pada tampilan pgAdmin, klik 2 kali di PostgreSQL, lalu masukkan password yang dimasukkan saat instalasi.
c.       Pada tampilan SQL Shell(psql), ikuti langkah pada ScreenShoot di bawah ini.
d.      Gambar di bawah ini, nomor 1 adalah perintah query untuk membuat User + Password ( CREATE USER nama_User with createdb password ‘passwordmu’; ). Jika sukses muncul pesan CREATE ROLE. Nomor 2, query untuk membuat database baru ( CREATE DATABASE nama_Database; ). Jika sukses muncul pesan CREATE DATABASE. Nomor 3, perintah untuk mengoneksikan SQLShell dengan database, tinggal menulis query \c nama_Database. Nomor 4, perintah query untuk menjalankan perintah menghapus database ( DROP DATABASE nama_Database; ).

e.       Kemudian digunakan untuk menghitung aritmatika, caranya ketikkan perintah query-nya seperti gambar di bawah ini, terdapat berbagai macam contoh. Intinya tinggal query SELECT dilanjutkan bilangan dan operasi aritmatikanya. Contoh seperti gambar di bawah ini.

f.       Query untuk menampilkan waktu sekarang adalah SELECT NOW();. Sedangkan untuk menghitung selisih hari mulai hari sekarang dikurangi waktu lahir. Perintah query-nya yakni SELECT extract (day from now() – cast (‘YYYY-MM-DD’ as “timestamp”));. Contoh hasilnya seperti gambar di bawah ini.
g.      Kemudian, perintah query untuk menampilkan daftar user adalah \du, sedangkan untuk menampilkan daftar database adalah \l.
h.      Lihat tampilan pgAdmin, akan muncul user dan database yang telah Anda buat. Gampang kan! 

3.      Hasil Praktikum Mysql
a.       Sekarang kita memakai phpMyadmin yang ada dalam package XAMPP, jadi jalankan terlebih dahulu XAMPP pada StartMenuProgram.
b.      Pada tampilan XAMPP, klik Start pada pilihan Apache dan mySql sampai tulisannya muncul warna hijau.
c.       Masuk ke browser dan ketikkan pada kolom addressnya localhost/xampp, lalu pilih phpMyadmin.
d.      Setelah masuk dalam phpMyadmin, pilih tab menu SQL untuk menjalankan perintah query. Ketikkan CREATE USER ‘nama_User’ @’localhost’ IDENTIFIED BY ‘passwordmu’; untuk membuat user baru dan passwordnya.
e.       Jika sukses akan muncul pesan seperti di bawah ini.
f.       Agar usernya menjadi super user, tambahkan query berikut GRANT ALL PRIVILEGES ON *.* TO ‘nama_User’ @’localhost’ WITH GRANT OPTION;. Jangan lupa, jika sudah mengetikkan query klik GO.
g.      Jika Anda ingin mengetahui User Anda sudah masuk apa belum, ketik query berikut: SELECT * FROM ‘user’;.

h.      Sekarang membuat database, untuk langsung membuat lebih dari satu database, perintahnya CREATE DATABASE nama_Database; CREATE DATABASE nama_Database;.
i.        Jika ingin melihat daftar database yang ada, ketikkan SHOW DATABASES;.

j.        Menghapus database jika lewat perintah query dengan memakai DROP DATABASE nama_Database;.
k.      Untuk menghitung aritmatika, lakukan perintah query seperti di bawah ini.




l.        Sedangkan untuk menampilkan waktu sekarang, gunakan query SELECT NOW();.

m.    Mencari selisih hari waktu sekarang dengan hari lahir kita, sangat mudah. Langsung saja ketikkan query SELECT datediff (now(), ‘YYYY-MM-DD’);.
n.      Hasilnya seperti di bawah ini.
       4. Tugas Rumah
ERD
Sistem Administrasi Madrasah Tsanawiyah Kalanganyar

            Sistem adminitrasi ini merupakan sebuah sistem yang berhubungan dengan guru, peserta didik, mata pelajaran, serta staff keuangan. Guru berhubungan dengan mata pelajaran yang akan ia ajarkan dan peserta didik yang akan ia ajari, sedangkan peserta didik berhubungan dengan staff keuangan untuk membayar dan mata pelajaran untuk pembelajaran yang dijalani. Sistem ini diterapkan pada sebuah sekolah madrasah swasta yang ada di daerah Kalanganyar, kota Sidoarjo.






C.  Evaluasi Perbandingan
a.       Dalam hal kecepatan proses, mySql lebih cepat dalam mengeksekusi perintah, daripada PostgreSQL.
b.      Query dalam PostgreSQL lebih mudah dipahami, daripada mySql.
c.       MySql lebih aman digunakan untuk pemula, karena dapat mengetahui kesalahan jika ada query yang salah. 
d.  Kadang dalam mySql terdapat kesulitan dan harus mengatur ke dalam programnya untuk DropDatabase


     D. Kesimpulan, Kritik, Saran, Manfaat
Ada beberapa perbedaan dalam penggunaan/ penerapan SQL dalam PostgreSQL maupun MySQL. Perbedaan dalam perintah query-nya tidak terlalu jauh. Meski berbeda, namun dapat dipahami. MySQL dan PostgreSQL mempunyai kelebihan dan kekurangan. Seperti perintah untuk menampilkan daftar database, di Postgre perintah query-nya lebih sederhana, namun harus benar-benar diingat. Kalau dalam MySQL memang lebih panjang, namun lebih mudah diingat, karena seperti bahasa sehari-hari query-nya.
Sebaiknya perlu untuk menerapkan kedua compiler dari SQL ini, agar mengetahui masing-masing kekurangan maupun kelebihan. Boleh hanya terfokus dalam satu aplikasi saja, namun harus juga mengerti aplikasi lain, meski hanya dasar-dasarnya. Paling tidak bisa mengoperasikan query dasar.
                             Manfaat bagi pembaca setelah mempelajari artikel laporan ini, diharapkan pembaca    dapat mengerti penerapan query di PostgreSQL dan MySQL pada masing-masingnya serta mampu membandingkan keduanya. Selain itu, diharapkan pembaca mengerti query dasar SQL.

    E. Daftar Pustaka
Kadir Abdul, 2000, Konsep & Tuntutan Praktis Basis Data, Yogyakarta: Andi.
Materi Praktikum Desain Basis Data 2013.pdf
Sholichin, Ahmad. 2010. MySQL Dari Pemula Hingga Mahir. Universitas Budi Luhur : Jakarta.
http://renzegth.wordpress.com/tentang-postgresql/
http://www.termasmedia.com/65-pengertian/69-pengertian-database.html





0 komentar:

Posting Komentar